Permainan Tradisional Kitiran (Baling-baling) dari Bambu

Kitiran Bambu (https://anakdesaberkaya.blogspot.com)

Kitiran Bambu adalah permainan kitiran atau dalam bahasa indonesia bisa dikatakan baling- baling atau Kincir Angin yang terbuat dari bambu dan kertas sebagai baling-baling nya.

Kitiran Bambu dapat menghasilkan suara yang unik dari setiap putarannya. kitiran bambu ini adalah permainan khas jepara yang sudah sangat jarang sekali ditemukan di toko-toko permainan dikarenakan perpindahan zaman yang menyebabkan permainan ini kalah dengan permainan modern.

Kitiran lahir sekitar tahun 1970an di desa Karanganyar, Welahan, Jepara, Jawa Tengah dan sampai sekarang masih ada keluarga yang membuat kitiran Bambu untuk menghidupi keluarganya.

Bahan-bahan untuk membuat kincir lebah adalah sebagai berikut :


a. Bambu diserut dengan lebar kira-kira 1 cm
b. Bambu diserut hingga lentur (seperti rangka layang-layang)
c. Bambu diserut bulat (diameter sedotan) dengan panjang kira-kira 15 cm
d. Bambu diserut bulat pendek seperti batang korek api
e. Karton penyangga bagian dalam bungkus rokok
f. Benang
g. Karet gelang
h. Dua potongan kaleng yang dibengkokkan
i. Potongan sedotan secukupnya

Selain bahan di atas siapkan pula peralatan seperti gunting, cutter, lem kertas, lem kayu, serta spidol. Sebelum membuatnya, kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, sebagai berikut :

(1). Ambil bambu serut yang besar (bambu a) kemudian patahkan (tidak putus) seperti gambar di bawah ini setelah dibengkokkan, maka dibuat lubang yang berhadapan seperti dalam gambar di atas.


(2). Bambu c di belah penampangnya. Ujung yang satu dibelah dua sampai dua per tiga bagian bambu, dan ujung lainnya dibelah empat. Masukkan potongan kaleng bengkok dari bambu yang dibelah dua. batasi dengan potongan sedotan. hingga jadi kincir seperti gambar di atas.


(3). Ambil bambu lentur b, bentuk seperti gelombang dan di tahan dengan benang. lem rangka pada kertas hvs dan gunting sisanya (seperti membuat layang-layang).


Buat dua kali sehingga diperoleh baling-baling seperti di bawah ini.


Dengan cara yang sama buat pola kepala dan ekor seperti gambar di bawah ini. kemudian gambar mata, mulut, dan pola garis perut lebah.


(4). Sekarang ambil karton e buat pola seperti gambar dan gunting dari guntingan pola karton, buat gendang kecil seperti gambar di atas.

Cara Membuat

  1. Siapkan bambu utama (1)
  2. Lem gendang kecil (4) seperti gambar
  3. Masukkan kincir (2) pada bambu utama (1).
  4. Tempatkan karet dan bahan bambu d, pada bambu utama (1). gulung sehingga tertahan pada gendang.
  5. Masukkan kincir sisi kincir yang terbelah empat. perhatikan letaknya sesuai gambar. batasi dengan portongan sedotan. kemudian selipkan bagian kepala lebah.
  6. Tambahkan ekor di sisi yang lain. hingga menjadi sebuah kincir lebah.

    Sumber: Wonklemu

    ARTIKEL TERBARU

    learning marketer
    learning marketer

    This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

    No comments:

    Post a Comment