Tarian Tradisional Bekasi Jawa Barat


Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. Kota ini merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industry, kota bekasi juga dijuluki sebagai Kota Patriot dan Kota Pejuang.

Tari Dodogeran


Merupakan tari kreasi khas Bekasi yang dari gerakan tariannya mencerminkan keceriaan anak-anak. Tarian ini bertempo cepat dengan gerakan yang lincah dan ceria. Selain itu terdapat gerakan yang menggerakkan-gerakkan pinggul dan tangan. Sekilas, kita akan teringat pada tarian dari Betawi dan Sunda.

Teh Eem sedang merias penari (https://berandalinda.blogspot.co.id)

Tari Dodogeran ini diciptakan oleh seorang wanita bernama teh Eem, yang menjadi salah satu masyarakat yang tinggal di Kota Bekasi. Teh Eem mulai menari sejak SMA. Berlatar belakang keluarga seniman, teh Eem akhirnya berniat membuat tarian khas untuk Bekasi. Maka terciptalah tarian Dodogeran, dan tarian Kembang Bekasi. Tari kreasi baru itu merupakan tarian klasik yang diberi nafas Indonesia baru.

Tari Kembang Bekasi

Tari Kembang Bekasi (https://www.youtube.com)

Tari Kembang Bekasi merupakan kesenian asli yang berasal dari kota yang di juluki patriot tersebut, tari kembang bekasi diperkenalkan pada 2010. kembang Bekasi sepintas mirip Tari Ronggeng namun tarian ini memiliki gerakan yang lebih rumit. karena tarian ini menggunakan properti 3 buah topeng yang di pakai bergantian.

Tari ini memilki gerakan dan musik yang lebih cepat dari tari ronggeng, sang penari menggunakan kostum celana pangsi yang dipadu kain sebagai bawahan. Sedangkan penghias kepala seperti aksesori putri Tiongkok. hal ini tidak terlepas dari kebudayaan China, yang mewarnai Bekasi di masa lampau.

Tari Topeng Bekasi (Ronggeng Blantek Bekasi)

Tari Topeng Bekasi atau Ronggeng Blantek Bekasi  (https://tabloidharapanindahnews.com)

Kesenian ini tidak hanya menampilkan seni tari semata. Di dalamnya juga dipentaskan seni musik, seni vokal, seni peran, serta seni sastra. Biasanya, teater rakyat yang juga dikenal dengan istilah Topeng Bekasi tersebut juga menyuguhkan lawakan yang bersumber dari kehidupan masyarakat sehari-hari.

Tarian lenggak-lenggok ini dulunya digunakan sebagai mata-mata pribumi pejuang Bekasi terhadap musuh. Biasanya dilakukan oleh gadis-gadis cantik yang memakai topeng.

Topeng bekasi ini biasanya dimainkan untuk memeriahkan upacara perkawinan, khitanan dan khaulan akan tetapi bisa juga dimainkan dalam acara–acara resmi seperti menyambut tamu dan pentas seni.

ARTIKEL TERBARU

learning marketer
learning marketer

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment