Pantai Menganti (Kebumen)

Pantai Menganti Kebumen


Pantai Menganti, namanya memang tak setenar Pantai Logending (Pantai Ayah) di jajaran obyek wisata di Kabupaten Kebumen, karena baru dibuka untuk umum oleh pemerintah desa setempat pada awal tahun 2011. Sebelumnya lokasi ini hanya menjadi tempat pendaratan perahu nelayan. Namun karena belum dipersiapkan menjadi obyek wisata, kondisi infrastruktur belum memadai menuju pantai Menganti. Pantai Menganti berada di desa Karangduwur-Kecamatan Ayah-Kabupaten Kebumen. Pantai ini dibatasi perbukitan batu Gamping dan batu Klastika gunung api.

  • Keistimewaan Pantai Menganti

Hamparan pasir putih hasil Abrasi batu Gamping dan keindahan pohon kelapa di pinggir pantai menciptakan nuansa dan pesona nan indah. Begitu menyusuri jalan yang mendaki dan mulai melihat bentangan pantai dari atas, bersiap-siaplah untuk terpesona.

Pantai Menganti dilihat dari atas bukit
Pantai Menganti dilihat dari atas bukit

Pemandangan akan lebih eksotis jika anda mendaki bukit di sisi timur pantai. Di puncak bukit tersebut terdapat Mercusuar buatan Belanda pada tahun (1912-1915) setinggi 20 meter yang bisa dinaiki hingga puncaknya. Dari lokasi ini Anda dapat melihat seluruh kawasan pantai lekuk-lekuk bukit karang yang membentang dan juga birunya samudera.

Di pantai ini, Anda juga bisa melebur dengan keseharian para nelayan setempat yang bersahaja. Mereka biasa duduk di perahu setelah semalaman melaut. Pengalaman membeli ikan segar yang baru didapat oleh Nelayan di tempat pelelangan ikan pun dapat di lakukan di sini .

Nelayan Pantai Menganti
Nelayan Pantai Menganti

  • Akses dan Lokasi

Pantai Menganti berada di desa Karangduwur-Kecamatan Ayah-Kabupaten Kebumen. Untuk menjangkau Obyek Wisata ini rutenya cukup sulit karena berjarak 7 kilometer dengan jalan mendaki dari Pantai Logending. Untuk mencapainya, kita bisa menggunakan Sepeda Motor karena jalanannya mendaki dengan sudut-sudutnya yang sulit di lalui. Tapi tidak usah takut karena jalan sudah beraspal, jadi walaupun medan yang dilalui agak sulit. Jalannya yang sulit dan sempit menyebabkan Pantai Menganti ini belum bisa dijangkau menggunakan mobil.


Lihat Wisata Indonesia di peta yang lebih besar

ARTIKEL TERBARU

learning marketer
learning marketer

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment