Kampung Seni dan Wisata Manglayang Cinunuk Cileunyi Bandung Jawa Barat

Pintu Gerbang Kampung Seni dan Wisata Manglayang, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat (https://citizenmagz.com)

Kampung Seni dan Wisata Manglayang terletak di Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Memiliki tempat wisata seni dan budaya di Jalan Cijambe-Cibolerang, Kampung Cibolerang No. 52, RT 1, RW 9. Kampung Seni dan Wisata Manglayang merupakan tempat untuk menikmati seni dan budaya Sunda dalam nuansa alam dan tradisi bersahaja. Kampung seni ini tepat berada di kaki Gunung Manglayang dengan luas 1,8 hektar. Di sini Anda dapat mencicipi makanan khas tradisional Sunda seperti bengkerok, keripik singkong, peuyeum, dan ranginang.

Suasana Kampung Seni dan Wisata Manglayang, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat (https://tamudesa.org)

Pertunjukan Budaya Sunda

Wayang Golek (https://www.yukpegi.com)

Di malam Minggu, Anda dapat menikmati beragam pertunjukan budaya Sunda. Pekan pertama pertunjukan wayang golek, pekan kedua seni benjang, pekan ketiga ketuk tilu, dan pekan keempat menampilkan seni tradisional dan modern misalnya pop Sunda. Acara digelar dari pukul 8 malam hingga tengah malamnya. Kemeriahan terasa saat alat musik tradisional lodang dipukul bersamaan dengan kendang. Asyiknya main di Kampung Seni dan Wisata Manglayang ini bahwa alat musik lodang boleh ditabuh sepuasnya seakan melupakan irama tetapi jusru itu sangat mengasyikan.

Permainan Tradisional

Apabila Anda mengajak anak-anak maka ini juga kesempatan yang tepat untuk mengenalkan beragam permainan tradisional misalnya permainan egrang. Sebuah alat permainan tradisional berjalan sambil naik potongan bambu dengan pijakan kaki berketinggian sekitar setengah meter di atas tanah. Ada juga mainan gasing kayu atau bermain karet gelang. Permainan bedil-bedilan juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan kertas basah sebagai peluru lalu dimasukkan ke potongan bambu kecil.

Selain pertunjukan alat musik tradisional dan permainan tradisional, di Kampung Seni dan Wisata Manglayang Anda juga berkesempatan mengenal rumah adat panggung dengan dinding bambu dan beratap rumbia. Tentunya dengan suasana alam ditanami beragam pohon, seperti tangkil, lengkeng, bambu tali, asam, dan peuteuy. Nikmatilah melihat-lihat isi rumah sambil menelusuri jalan setapak berundak-undak tertata rapi.

Beragam Saung

Banyak saung-saung di kampung ini yang memiliki fungsi khusus seperti :

  1. Saung Kamonesan yang di dalamnya tersimpan benda-benda menarik, seperti topeng dan wayang golek
  2. Saung Wreti menyimpan perabot rumah tangga, seperti gentong, kentongan, dan caping
  3. Saung Leuit tempat penyimpanan padi
  4. Saung Lisung Anda dapat melihat lesung kayu yang biasa dipakai menumbuk padi menjadi beras
  5. Saung Binangkit, untuk menikmati pemandangan hamparan padi di sawah, semacam teras bagi rumah kebanyakan
  6. Ada juga bangunan khusus untuk memelihara burung dan domba lengkap dengan rak tempat rumput
  7. Saung Tamba Hanaang. Jika lelah setelah berkeliling maka selain beristirahat di saung, Anda juga dapat membeli beragam makanan dan minuman
Di Kampung Seni dan Wisata Manglayang, nama saung dan pengumuman ditulis dalam bahasa Sunda. Jadwal pertunjukan rutin pun ditulis dalam bahasa Sunda. Saung-saungnya diselingi rindang pepohonan dan sejumlah kolam ikan. Ada juga tempat duduk dari tembok batu tanpa diplester sehingga terlihat artistik, lengkap dengan meja bundar dari bahan serupa.

Jika Anda ingin berkunjung dan meminta penampilan pergelaran seni dan budaya Sunda maka dapat mengontak seminggu sebelumnya. Satu materi kunjungan seharga Rp. 2.000.000,00. Kampung Seni dan Wisata Manglayang melayani wisatawan yang ingin menyaksikan pergelaran seni dan budaya Sunda. Materi kunjungan bisa ditentukan langsung oleh wisatawan atau sudah dalam bentuk paket. Misalnya, materi kunjungan pelajar dan mahasiswa dengan penampilan seni dan budaya pangbage, tutunggulan, reak, musik kentongan, dan tari boboko.

Peta Lokasi Kampung Seni dan Wisata Manglayang

Informasi lebih lanjut hubungi

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat
JL. RE Martadinata, No. 209, Bandung
Telp.: (62) 22 7273209

ARTIKEL TERBARU

learning marketer
learning marketer

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment