Masjid Sulaimaniyah Pantai Cermin Serdang Bedagai Sumatera Utara

Masjid Sulaimaniyah Pantai Cermin, Pantai Cermin, Serdang Berdagai, Sumatera Utara (https://reportasesumut.com)

Masjid Sulaimaniya terletak di Jalan H.T. Rizal Nurdin, Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, didirikan oleh Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah, pada tahun 1901.

Berbeda dengan Masjid Raya Sulaimaniyah di Perbaungan, masjid yang berada di Pantai Cermin ini kesannya sebagai bangunan lama dan bersejarah masih kental terlihat dengan ornamen melayu, walaupun sudah banyak juga bagian masjid yang telah direnovasi. Dengan 4 tiang penyangga bagian dalam masjid, ada sebuah tangga menuju bagian atas (asbes) masjid seperti tempat untuk bertawajjuh.

Bangunan

Tampak muka Masjid Sulaimaniyah (https://www.kerajaannusantara.com)

Bangunan masjid yang bernama Masjid Raya Sulaimaniyah ini sangat mencolok berkat warnanya yang khas. Bagian atas masjid tidak menggunakan kubah sebagaimana masjid pada umumnya, melainkan menggunakan atap mahligai. Atap bersusun itu menjadi ciri khas arsitektural Melayu Serdang.

 Masjid Sulaimaniyah (https://www.kerajaannusantara.com)

Bangunan fisik masjid secara keseluruhan sangat dipengaruhi oleh bentuk bangunan bergaya Melayu dan Timur Tengah. Beberapa bagian, seperti ornamen pada daun pin tu, atap mahligai, dan tentu saja mimbar masjid yang menjadi bagian paling khas.

 Masjid Sulaimaniyah (https://www.kerajaannusantara.com)

Tiang-tiang bagian luar juga unik dan sepertinya menjadi ciri khas hampir setiap masjid yang ada di Kecamatan Pantai Cermin berbentuk bulatan yang mengeliling sampai bagian atas tiang. Meski kini tiang tersebut telah diberi tempelan keramik tetapi tidak mengurangi bentuk aslinya.

Mimbar

Mimbar dan Mihrab (https://www.kerajaannusantara.com)

Kemudian bentuk mimbar masjidnya juga hampir sama dengan yang ada di Perbaungan. Namun masjid Raya Sulaimaniyah Pantai Cermin bagian atas mimbarnya tidak berlambang bulan sabit dan bintang yakni dengan bentuk kayu lurus tegak ke atas.

ARTIKEL TERBARU

learning marketer
learning marketer

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment