Hidangan Ramadhan Lezat nan Nikmat

Hidangan Ramadhan Lezat nan Nikmat
Selama bulan puasa biasa dipastikan bahwa hidangan Ramadhan akan selalu terjadi di atas meja makan masyarakat Indonesia. Bulan puasa selalu dinantikan setiap tahunnya bagi para umat Islam di seluruh dunia. Banyak sekali hidangan untuk berbuka puasa yang telah dijual di pasaran, namun jika tidak yakin akan kebersiahan hidangan yang dijual terutama hidangan yang dijual di pinggir-pinggir jalan alangkah lebih baik jika membuat hidangan sendiri. Ada beberapa hidangan Ramadhan yang dapat dibuat di rumah seperti sup keluarga dan bistik lidah.
Hidangan Ramadhan Lezat nan Nikmat
Hidangan Ramadhan Lezat nan Nikmat

Hidangan Ramadhan Lezat nan Nikmat
Hidangan Ramadhan Lezat nan Nikmat

Hidangan Ramadhan Lezat nan Nikmat
Hidangan Ramadhan Lezat nan Nikmat


Resep hidangan Ramadhan yang pertama adalah sup keluarga. Bahan yang diperlukan adalah 2 sendok makan minyak goreng, 5 siung bawang putih memarkan, 3 cm jahe memarkan, 2 liter air, 250 gram udang segar (ambil kulitnya untuk kaldu), 500p gram daging sapi sirloin (iris tipis), 12 biji bakso sapi, 12 biji bakso ikan, 2 sendok teh garam, ½ sendok teh merica bubuk, 1 sendok makan kaldu bubuk, 50 gram jamur segar (iris), 25 gram soun (rendam dengan air dingin hingga lunak lalu tiriskan), 3 batang wortel iris, 1 batang eggtofu iris, 2 batang daun bawang (potong-potong), 2 batang seledri (potong-potong). Pelengkapnya adalah sambal botolan.
Cara membuat:
·         Kaldu, panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan jahe dan kulit udang dan tumis hingga kulit berubah warna.
·         Didihkan air, masukkan tumis udang lalu masak dengan api kecil hingga menjadi kaldu udang.
·         Didihkan kembali kaldu, masukkan garam, merica bubuk dan kaldu bubuk. Masak sebentar lalu angkat.
·         Penyajian: siapkan piring datar, tata udang, daging, bakso sapi, bakso ikan, wortel, sawi putih, daun bawang, dan seledri. Tuang kuah ke dalam steamboat di atas api.
·         Siapkan mangkuk, masukkan isian dalam kaldu sesuai selera.
Resep hidangan Ramadhan selanjutnya adalah bistik lidah. Bahan yang disiapkan, 1 lidah sapi (cuci bersih), 2 sendok makan margarine, 7 butir bawang merah (iris), 750 ml air, 8 sendok makan kecap manis, 2 sendok makan saus tomat, 1 sendok teh garam dan merica bubuk, 1 biji pala memarkan, 7 biji cengkeh dan 3 cm kayu manis, 2 buah tomat potong menurut selera.
Cara membuat:
·         Cuci bersih lidah, celupkan dalam air mendidih selama 2 menit. Kerok kulit yang kasar, cuci kembali dan rebus lagi hingga lunak.
·         Panaskan margarine, tumis bawang merah hingga harum. Masukkan lidah utuh, tambah kecap manis, saus tomat, garam, merica, pala, cengkeh, dan kayu manis (aduk rata). Masukkan air dan masak hingga bumbu meresap ke dalam lidah dan kuah mengental.

·         Penyajian, potong lidah menurut selera dan sajiakan dengan kentang goreng dengan disiram oleh sausnya.

ARTIKEL TERBARU

learning marketer
learning marketer

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment