Hidangan Sederhana untuk Ulang Tahun

Hidangan Sederhana untuk Ulang Tahun
Kadang tidak semua orang ingin merayakan ulang tahun mereka dengan pesta yang meriah dan memilih untuk hanya perayaan kecil-kecilan bersama keluarga. Biasnaya perayaan bersama keluarga tanpa adanya tiup lilin atau cake dan diganti oleh hidangan-hidangan buatan rumah. Ada beberapa jenis hidangan ulang tahun yang dapat dibuat di rumah untuk perayaan kecil-kecilan anatara lain nasi kuning aroma dan sus susun.
Hidangan Sederhana untuk Ulang Tahun
Hidangan Sederhana untuk Ulang Tahun

Hidangan Sederhana untuk Ulang Tahun
Hidangan Sederhana untuk Ulang Tahun

Hidangan Sederhana untuk Ulang Tahun
Hidangan Sederhana untuk Ulang Tahun


Resep hidangan ulang tahun
Resep hidangan ulang tahun rumahan yang pertama adalag nasi kuning aroma. Bahan yang diperlukan adalah 300gram beras putih, 3 sendok makan kunyit parut (larutkan dengan sedikit air dan saring), 1 sendok makan air jeruk nipis, 600ml santan, 2 lembar daun pandan, 5 lembar daun jeruk, 2 batang serai (memarkan), 2cm jahe (memarkan), 2 lembar daun salam, 1 sendok teh garam, 5 sendok makan kacang polong, 2 batang wortel potong dadu. Untuk pelengkapnya, ayam panggang, udang goreng, abon, dan irisan dadar telur.
Cara membuat:
·         Cuci beras putih hingga bersih, tambah larutan kunyit dan air jeruk nipis. Diamkan sebentar hinggaberat berwarna kining lalu cuci bersih kembali dan tiriskan.
·         Rebus santan bersama daun pandan, daun jeruk, dan daun salam kemudian tambahkan garam.
·         Setelah mendidih masukkan beras, masak hingga menjadi aron. Tambahkan kacang polong dan wortel lalu kukus selama 30 menit hingga matang.
·         Tata nasi pada pinggan, hias dengan ayam panggang, udang goreng, abon dan irisan dadar telur.
Resep hidangan ulang tahun kedua adalah sus susun. Bahan yang diperlukan adalah 250ml air, 125gram margarine, 2 sendok makan gula pasir, 125gram tepung terigu, 4 butir telur. Untuk isi, 500ml susu cair, 100gram gula pasir, 2 kuning telur, 50gram tepung maizena, 1 sendok teh vanili bubuk, rum secukupnya dan 200gram gula pasir untuk hiasan (buat caramel).
Cara membuat:
·         Rebus air bersama margarine dan gula, masukkan tepung terigu dan aduk rata. Mask hingga adonan kalis.
·         Setelah uap panasnya hilang masukkan telur satu per satu sambil diaduk hingga menjadi adonan yang kental.
·         Panaskan oven dengan temperature 180 derajat celcius. Siapkan pipih dan oles dengan margarine.
·         Cetak kue sus dengan menggunakan kantong hias dan tube bintang. Panggang selama 20 menit.
·         Isi: rebus 300 ml susu cair dengan gula. Sisa susu campur dengan telur, tepung maizena, dan vanili bubuk (aduk rata). Setelah susu mendidih, masukkan larutan tepung maizena, masak hingga mengental. Angkat dan tambahkan rum.

·         Penyelesaian: isi kue sus dengan isisan. Taruh kue dalam piring bentuk kerucut. Panaskan gula hingga menjadi caramel, gunakan garpu dan buat sarang dari gula menutupi kue sus.

ARTIKEL TERBARU

learning marketer
learning marketer

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment