Keistimewaan Masakan Khas Surabaya

Keistimewaan Masakan Khas Surabaya
Masakan khas Surabayaterkenal dengan rasa asin dan manis dengan perpaduan bumbu yang menyatu sehingga menjadi rasa yang khas masakan Jawa Timur. Penjual masakan khas Surabaya berjejer sepanjang jalan mulai dari retoran hingga penjual kaki lima yang akan memenuhi setiap selera masyarakat Surabaya. Contoh beberapa masakan khas Surabaya adalah tahu campur, tahu tek-tek, gado-gado, dan juga sate kelapa yang. Jika belum sempat berkunjung ke Surabaya dan mencicipi kulinernya maka sekarang makanan khas daerah tersebut sudah ada resepnya.
Keistimewaan Masakan Khas Surabaya
Keistimewaan Masakan Khas Surabaya

Keistimewaan Masakan Khas Surabaya
Keistimewaan Masakan Khas Surabaya

Keistimewaan Masakan Khas Surabaya
Keistimewaan Masakan Khas Surabaya


Resep masakan khas Surabaya yang pertama adalah tahu telur Surabaya. Bahan yang diperlukan untuk membuat kuliner khas daerah ini adalah 400 gram tahu yang diiris dadu, 4 butir telur ayam, 5 gram tepung terigu, 1 sendok teh garam, minyak untuk menggoreng, 2 sendok makan bawang goreng, dan 1 sendok teh seledri cincang yang digunakan sebagai hiasan. Bahan yang digunakan untuk membuat saus kacang adalah 100 gram kacang tanah berkulit yang digoreng, 5 sendok makan kecap manis, 100 ml air masak, 1 sendok makan bawang putih goreng, 5 buah cabai rawit, dan ½ sendok teh garam.
Cara membuat:
·         Campurkan tepung terigu dengan telur yang telah dikocok dan juga tahu yang sebelumnya telah ditaburi garam. Setelah itu goreng adonan tersebut dalam penggorengan, goreng ingga kering, angkat dan letakkan pada piring lalu sisihkan.
·         Untuk saus kacang, haluskan bawang putih, garam dan juga cabai. Masukkan kacang tanah dan haluskan hingga benar-benar halus. Kemudian tuang air masak dan kecap lalu aduk hingga rata.
·         Siram saus kacang diatas tahu kemudian taburi dengan bawang goreng dan seledri cincang.
Masakan khas Surabayayang kedua adalah sate daging kelapa. Bahannya adalah 500 gram daging lalu potong dadu, 1 butir kelapa kupas dan parut memanjang, dan 1 butir telur ayam. Bumbu yang dihaluskan adalah 2 lembar daun jeruk, 2 sendok teh bawang putih cincang, 1 ½ sendok teh kunyit cincang, 1 sendok teh ketumbar, 1 sendok teh garam, 1 sendok makan gula pasir. Bahan untuk bumbu pelengkap, 10 sendok makan kecap manis, 7 buah cabai rawit dipotong bulat tipis, 3 buah cabai merah dipotong bulat kasar, 1 sendok makan petis udang, tusukan sate 30 buah.
Cara membaut:
·         Campurkan kelapa parut, daging, telur ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan dan aduk hingga rata.
·         Ambil tusukan sate lalu tusuk daging satu persatu sebanyak 5 buah tiap tusuk sambil dikepal-kepal.
·         Bumbu pelengkap, campur kecap, petis udang, irisan cabai rawit, dan irisan cabai merah dan aduk hingga rata.
·         Bakar sate hingga matang, lalu angkat dan hidangkan dengan bumbu pelengkap.


ARTIKEL TERBARU

learning marketer
learning marketer

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment