Ekowisata Mangrove Bintan Kepulauan Riau

Mangrove Tour (https://penghubungkepri.org)

Lokasi Bintan Mangrove berada di Sungai Sebong yang membelah kawasan Kampung Lagoi dengan Desa Sebong Lagoi, Sei Kecil. Sungai Sebong, airnya yang sangat jernih membentang sepanjang 6,8 kilometer dari danau di sebuah bukit. Uniknya sumber air berasal dari hujan, bukan terkumpul dari mata air di dalam tanah.

Keberadaan hutan mangrove di Sungai Sebong berhasil diselamatkan dari ancaman kerusakkan. Tidaklah heran jika pada 2003, Bintan Mangrove Discovery Tours mendapatkan penghargaan PATA (Pacific Asia Travel Association) Gold Award untuk kategori ekowisata.

Pintu Masuk Ekowisata Mangrove Bintan (https://bintanworld.com)

Mengikuti paket wisata Mangrove Discovery Tour dari PT Bintan Resort Cakarawala (BRC) dan Yayasan Eko Wisata Sebong Lagoi sebagai pengelolanya adalah pilihan utama. Dengan menggunakan speedboat Anda dapat menikmati pengalaman berpetualang di tengah-tengah hutan bakau Pulau Bintan.

Suara monyet yang terdengar akan membuat Anda menerawang sekitar dari keberadaan mereka. Jika beruntung, Anda pun bisa bertemu dengan burung raja udang (kingfishers) yang warnanya cantik, berang-berang, ular pohon, dan bahkan ribuan kunang-kunang yang bersinar di malam hari menghasilkan pemandangan menakjubkan.

Ular di pohon bakau  (https://bintanworld.com)

Seluruh populasi tanaman menciptakan habitat yang nyaman bagi keraabu-abu. Sesekali Anda bisa melihat burung kuntul yang bermain di antara lumpur. Berhati-hatilah karena ular bakau hitam bergaris kuning pun kerap meringkuk di cabang pohon sehingga dianjurkan tidak merokok saat pengarungan.

Jenis Bakau

Hutan bakau Bintan (https://triptease.com)

Sungai Sebong memiliki empat jenis bakau. Pertama adalah Avicennia yang sering juga disebut pohon api-api dan dapat ditemukan di pantai berpasir dan biasanya memiliki bunga kecil berwarna kuning. Lalu ada bakau Rhizophoran yang akarnya tumbuh hingga melayang di atas tanah sebagai pelindung pantai. Terdapat juga akar lutut Bruguiera yang kerap ditemukan di kawasan campuran air asin dan air tawar, tanaman ini dapat tumbuh hingga 30 meter. Terakhir adalah Xylocarpus yang tumbuh di air segar dan memiliki buah seukuran bola tendang.

Informasi lebih lanjut hubungi

PT Bintan Resort Cakrawala
Wisma Bintan Resor, Jalan Raja Haji Sebong Lagoi Tanjung Uban, Bintan Utara
Telepon: +62 770 692092
E-mail: brctours@bintan-resorts.com.
Website: https://bintan-resorts.com

ARTIKEL TERBARU

learning marketer
learning marketer

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment